Pilih Bahasa

Jumat, 25 Januari 2013

JAGUNG

Varietas Jagung
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman yang telah lama dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia, serta menjadi salah satu tanaman pangan dunia yang penting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia juga menggunakan jagung sebagai sumber makanan pokok.

Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak, diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80 - 150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif. Tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi serta relatif mudah perawatannya.

Peluang untuk mengembangkan tanaman ini dalam skala bisnis masih terbuka luas, karena permintaan pasar baik dari dalam maupun luar negeri sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar